Brand Tanabae dari IKKON

Brand Tanabae dari IKKON

21
0

Kupang – Brand Tanabae ini dipopulerkan tim Inovasi dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) Kota Kupang 2019. IKKON merupakan program dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang menempatkan sekelompok pelaku kreatif dari berbagai disiplin ilmu di suatu wilayah di Indonesia.

‘Tujuan dibentuk IKKON guna  mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal termasuk di Kota Kupang merupakan salah satu daerah yang menjadi daerah pelaksana program IKKON di tahun keempat pelaksanaannya.’ Budi Suyanto, mentor IKKON Kupang, Jumat (6/9/2019).

Pembicara yang mewakili pemkot Kupang adalah Maria Fernandez dari Dispar Kota iKupang,  IKKON Kupang 2019 adalah Budi Suyatno (Mentor), Aminah Agustinah (Antropologi), Sri Wahyuni (Pengembang Bisnis), Eko Cahyo Saputro (arsitek). Sedangkan team lain yang ikut hadir adalah Ferry C.Nugroho (Korepgrafer), Elizabeth Marcelina (Desainer tekstil), Mirza Maulana (Desainer Grafis), Wisnu Purbandaru (Desainer produk), !Aldri Indrayana (Desainer Fashion), Rina Kusumastuti (Fotographer) dan Ulul Albab (Videographer).

Brand ini,, diramu dari lima brand essence yang mereka temukan dalam berbagai karya yang dihasilkan masyarakat dan dari perjumpaan dengan berbagai kalangan di Kota Kupang.

“Kelima brand essence itu ialah romantic, empathy, passionate, raw, dan nostalgic. Dari kelima brand essence ini, yang paling kuat kesannya adalah romantic dan raw,” ujar Budi.

Budi Suyatno melaporkan bahwa untuk tahun 2019,  project Sosialisasi Kegiatan IKKON 2019 di NTT  dilakukan untuk area Kota Kupang. Sedangkan area lain yang juga telah dilakukan secara serempak adalah Kabupaten Aceh, Kota Tanjung Pinang, Kota Tomohon dan Kabupaten Lombok Timur yang sudah berlangsung selama 3 bulan. Dan September 2019 adalah bulan terakhir pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini.

Pada kegiatan sosialisasi di Kota Kupang, IKKON 2019  mengajak kalangan masyarakat kreatif Kota Kupang untuk berpartisipasi dalam kegiatan IKKON Kupang 2019. (PP)