Bunga Pinjol Danacita Buat Biaya Kuliah di ITB

Written by on 31 January 2024

Suara Kupang – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membenarkan adanya kerja sama antara perusahaan pinjaman online (pinjol) PT Inclusive Finance Group (Danacita) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait metode pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa. Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar menyampaikan bahwa Danacita juga menjalin kemitraan dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya. 

Sebelumnya, beredar informasi mengenai pilihan pembayaran UKT di ITB dengan cara diangsur menggunakan pinjaman daring (online) alias pinjol Danacita. Dalam cuitan akun X (Twitter), dijelaskan bahwa mahasiswa dapat meminjam uang dengan jangka waktu pelunasan 6 bulan atau 12 bulan. 

Dalam unggahan tersebut, nampak foto yang menunjukkan pengajuan dana senilai Rp 12,5 juta dengan tenor 12 bulan, mahasiswa harus membayar Rp 1.291.667 per bulan. Peminjam menanggung biaya bulanan platform sebesar 1,75 persen dan biaya persetujuan mencapai 3 persen. 

Berdasarkan informasi yang dirilis Danacita melalui situs resminya, pengajuan pinjaman pendidikan di Danacita tidak membutuhkan uang muka atau down payment (DP). Persetujuan pinjaman hanya 1-2 hari kerja, terhitung sejak seluruh dokumen lengkap dan diverifikasi. 

Adapun dokumen yang dibutuhkan meliputi bukti tagihan dari institusi pendidikan, rekening koran satu bulan terakhir, serta foto Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan swafoto memegang KTP-el bagi mahasiswa dan wali. 

Tak hanya dokumen, pinjol Danacita juga mensyaratkan kontak wali sebagai penjamin bila pemohon pinjaman belum memiliki penghasilan tetap dan belum berusia 21 tahun. Selain itu, terdapat pula kontak darurat, yaitu keluarga tidak serumah dengan peminjam yang tinggal di Indonesia, berbeda dengan wali, dan berusia paling rendah 21 tahun. 

Pinjaman di Danacita hanya bisa diajukan apabila institusi pendidikan telah menjalin kerja sama. Jangka waktu pembayaran diberikan selama 12 bulan bagi mahasiswa aktif, sedangkan tenor bagi mahasiswa baru hingga 24 bulan. 

Danacita tidak menjelaskan berapa bunga pinjaman bagi pembayaran UKT ini. Namun perusahaan membebankan biaya persetujuan (provisi) sebesar 3 persen dari biaya yang diajukan atau minimal Rp100.000 yang dibayarkan sekali. Selain itu, Danacita juga menetapkan biaya platform yang dibayarkan setiap bulan sebesar 0-1,75 persen dari dana yang diajukan. Perusahaan mengklaim bunga dan biaya administrasi untuk setiap pendanaan produktif mereka berkisar 0,07% per hari dari nilai pendanaan yang tercantum pada perjanjian, di bawah batas maksimal yang ditetapkan oleh OJK sebesar 0,1% per hari. 

Besaran UKT di ITB sendiri dibagi menjadi 5 kategori dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi mahasiswa. UKT 1 bagi mahasiswa di fakultas Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB sebesar Rp 0 per bulan, UKT 2 sebesar Rp 1.000.000, UKT 3 sebesar Rp 8.000.000, UKT 4 sebesar Rp 14.000.000, dan UKT 5 sebesar Rp 20.000.000. 

Sementara UKT 1 bagi mahasiswa fakultas lain adalah Rp 0 per semester, UKT 2 sebesar Rp 1.000.000, UKT 3 sebesar Rp 5.000.000, UKT 4 sebesar Rp 8.750.000, dan UKT 5 sebesar Rp 12.500.000. 

Danacita memberikan alternatif tenor pembayaran kredit bagi mahasiswa baru ITB selama 6 bulan, 12 bulan, dan 18 bulan, dengan minimal pinjaman sebesar Rp1.500.000. Sedangkan jangka waktu pelunasan pinjaman bagi mahasiswa aktif ITB, yaitu selama 6 bulan dan 12 bulan. Lama tenor mempengaruhi besaran biaya platform per bulan.

Source: Tempo


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track

Title

Artist

Background
Open chat
Powered by