Wagub NTT Terima kunjungan Duta Besar RI untuk Norwegia

Wagub NTT Terima kunjungan Duta Besar RI untuk Norwegia

18
0

Kupang-SKFM- News– Wakil Gubernur NTT Josep A Nai Soi meberima kunjungan duta besar RI untuk Norwegia Todung Mulya Lubis di ruang kerjanya kemarin 7 Oktober 2019. Setelah menerima kunjungan Todung Mulya Lubis¬† dilanjutkan dengan memimpin ‘Focus Group Discussion” di Ruang Rapat Asisten Lantai 2 Gedung Sasando Kantor Gubernur.

Diskusi ini secara khusus membahas Rencana Kerja Sama antara Universitas-universitas di Norwegia dengan NTT. Dubes Todung menjelaskan, bahwa Norwegia dengan senang hati menyiapkan pendidikan vocasional bagi anak-anak NTT dalam berbagai bidang seperti pariwisata, perikanan, energi terbarukan, teknologi dan sebagainya.

Wakil Guberrnur dalam kesempatan tersebut berkeinginan agar pada tahap pertama ingin mengirim para ASN yg terseleksi dengan baik untuj mengikuti training singkat yg dibutuhkan oleh Pemprov.

Kedubes RI di Norwegia dan Pemprov NTT akan segera menyusun pola kerja samanya. Pada kesempatan itu Prof Stein Kristiansen dari Universitas of Agder Norwegia yang sudah lebih dari 30 tahun menggagas kerja sama antara UGM dan Universitas-universitas  di Norwegia memaparkan materi tentang analisa sosio antropologisnya tebtang NTT khususnya tentang Flores yang pernah dikunjunginya dan juga informasi tebtang Norwegia. Norwegia, sebuah negara maju di Eropa berpenduduk 5,4 juta jiwa terkenal sebagai negara yg bersih dari korupsi. Sampai tahun 1970-an negara ini masih terkategori miskin. Namun mulai tahun 1980- an debgan booming minyaknya negara ini beranjak naik menjadi negara industri maju. Sebagian dari peralatan militer kita didatangkan dari negara ini.(AB)