Team Komisi Informasi NTT Lakukan Audiens Bersama Danlanud Eltari Kupang

Team Komisi Informasi NTT Lakukan Audiens Bersama Danlanud Eltari Kupang

23
0

Kupang-SKFM- News– Komisi Informasi Provinsi NTT sebagai lembaga mandiri yang baru terbentuk di NTT terus memperkenalkan diri diberbagai Badan Publik dan lembaga lainnya. Kali ini pimpinan dan anggota Komisi Informasi NTT melakukan audiens dengan Komandan Lanud Eltari Kupang Kol.Penerbang Agus Setiawan.Pertemuan ini berlangsung di Ruang kerja Danlanud Eltari Kupang Selasa 08 Oktober 2019.

Ketua Komisi Informasi Provinsi NTT Pius Rengka pada kesempatan itu menyampaikan bahwa Komisi Informasi Provinsi NTT baru terbentuk satu bulan yang lalu.Pembentukan KIP NTT ini merupakan amanat UU RI Nomor 14 tahun 2008.Selanjutnya Pius menjelaskan bahwa tugas Komisi Informasi NTT adalah menerima, memeriksa dan memutus penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi dan atau ajudikasi nonlitigasi yang diajukan oleh setiap pemohon informasi publik.

Sesuai amanat Undang RI Nomor 14 tahun 2008 bahwa semua badan publik termasuk TNI Angkatan Udara harus menyiapkan dan menyampaikan informasi publik untuk diketahui publik kecuali informasi yang dikecualikan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang.

Sementara itu Komandan Lanud Eltari Kupang Kol.penerbang Agus Setiawan dengan senang hati menerima kunjungan team KIP NTT,” Saya senang dan berterima kasih atas kunjungan KIP NTT semoga hubungan ini tidak sampai disini saja dan bisa dilanjutkan melalui berbagai kegiatan,”ungkap Agus Setiawan.

Menurut Agus Setiawan, selama ini pihaknya sudah terbuka dalam penyebarluasan informasi publik melalui beebagai media di Kota Kupang.Dia mengakui di lingkungan militer ada beberapa informasi yang dikecualikan karena berkaitan dengan kepentingan negara dan bangsa serta itu juga amanat Undang-undang.Di lingkungan TNI AL termasuk di Lanud Eltari Kupang sendiri sudah ada satu bidang yang bertugas menyiapkan informasi yaitu bidang penerangan dan perpustakaan.Sehingga informasi apa saja yang dibutuhkan publik bisa diperoleh melalui bidang ini.AB)