Sebagai Aparatur Sipil Negara, PNS wajib diambilh Sumpah.

Sebagai Aparatur Sipil Negara, PNS wajib diambilh Sumpah.

104
0

Kupang-Suarakupangfm.com- Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan implementasi dari Undang – Undang RI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Secara garis besar Undang-undang ini menegaskan, bahwa setiap Calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji.
Di Kota Kupang sebanyak 243 Pegawai di ambil sumpahnya pada acara Pengambilan Sumpah PNS Tahap II Lingkup Pemerintah Kota Kupang,dihadiri oleh Wakil Wali Kota Kupang Herman Man.
Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man mengatakan, bahwa Pegawai Negeri Sipil merupakan aparatur negara yang mempunyai peranan strategis, dalam menetukan keberhasilan penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan.
Pengambilan sumpah/janji PNS adalah suatu keharusan dan kewajiban setiap PNS sesuai dengan agama dan kepercayaan sehingga dapat menciptakan aparatur yang setia terhadap Pancasila, Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara dan Pemerintah. Selain itu tujuan dari pengambilan dari sumpah PNS ini adalah agar para PNS dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab menjunjung tinggi martabat PNS sehingga dapat bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan negara.
Menurut Hermanus Man, bahwa Pegawai Negeri Sipil merupakan aparatur negara yang mempunyai peranan strategis dalam menetukan keberhasilan penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan.
Untuk meningkatkan kualitas sumber daya aparatur yang bertanggung jawab, maka setiap Pegawai Negeri Sipil PNS wajib mengangkat sumpah dan janji menurut agama dan kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(AB)