Presiden Minta Zona Turis dan Konservasi TN Komodo Dipisah

Presiden Minta Zona Turis dan Konservasi TN Komodo Dipisah

10
0

SKFM-News– Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengelolaan Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk lebih memperhatikan daya dukung lingkungan. Dalam kunjungannya ke Pulau Rinca, Kamis (11/7), Presiden Jokowi pun menginstruksikan adanya pemisahan antara zona konservasi dan turis di dalam kawasan TN Komodo.

Rencananya, kunjungan wisatawan di kawasan Taman Nasional Komodo tersebut akan menerapkan sistem kuota untuk menjaga keberlangsungan dan keseimbangan lingkungan setempat.

Selain itu Presiden menegaskan, pemerintah pusat mendukug penuh pengintegrasian destinasi wisata yang ada di Provinsi NTT, termasuk yang ada di Labuan Bajo. Seluruh fasilitas penunjang pariwisata di NTT akan dibenahi agar saling mendukung antara satu destinasi dengan yang lainnya.

Presiden Jokowi menambahkan, pengembangan kawasan Taman Nasional Komodo ke depannya akan dibuat lebih terintegrasi antara satu lokasi wisata dengan lainnya di Priovinsi NTT. Rancangan pengembangan tersebut akan segera dibahas dengan kementerian dan pihak-pihak terkait.(EK)

Sumber : Republika.co.id