Pemkot Kupang Gelar Seminar Jelang Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Pemkot Kupang Gelar Seminar Jelang Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

20
0

Kupang-SKFM-News– Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes)Kota Kupang menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan di bawah tema, “Promosi Kesehatan Jiwa dan Pencegahan Bunuh Diri.”

Kabid P2P Dinkes Kota Kupang Sri Wahyuningsi mengungkapkan,  beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan,dalam rangka  Hari Kesehatan Jiwa Sedunia antara lain Lomba VLOG kesehatan jiwa antar Puskesmas, seminar deteksi dini orang dengan gangguan jiwa, dan pertemuan teknis pengelola program kesehatan jiwa.

Pada acara seminar siang tadi Wakil Walikota Kupang Herman Man mengajak masyarakat Kota Kupang untuk mempromosikan mengenai kesehatan jiwa sehingga jembatan Liliba jangan sampai menjadi terkenal bukan karena panjangnya, tetapi karena tingginya orang bunuh diri di sana.

“Moga-moga tahun depan kita dapat jembatan kembar, kembar di sebelahnya, tetapi jangan sampai lebih ramai lagi orang buang diri di sana,” kata Herman Man.

Oleh karena itu, Herman Man mengajak seluruh tenaga kesehatan yang hadir dalam kesempatan tersebut untuk memperhatikan 3 hal terkait kesehatan jiwa untuk mencegah terjadinya bunuh diri.

Sementara itu data institute For Healt Metric and Evaluation  menunjukan, tindakan bunuh diri masih didominasi oleh masyarakat dengan usia 70 tahun.(AB)