Pemerintah Bangun Pusat Ekonomi Baru

Pemerintah Bangun Pusat Ekonomi Baru

117
0

Kupang, SKFM-News– Komitmen pemerintah mendorong pusat pertumbuhan ekonomi baru di luar Pulau Jawa-Bali terus digalakkan. Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah fokus membangun 10 kota baru publik mandiri dan terpadu. Salah satunya ialah Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor yang merupakan ibu kota Kalimantan Utara.

Program pembangunan KBM Tanjung Selor itu segera direalisasikan seusai penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan berbagai kementerian/lembaga dalam rencana aksi Pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) No 9 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan KBM Tanjung Selor di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (27/3).

Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pembangunan KBM Tanjung Selor ini pun istimewa jika dibandingkan dengan program yang sama di kota-kota lainnya, lantaran pembangunan KBM Tanjung Selor dimulai dari nol baik dari rancangan tata bangunan maupun kotanya.

Tanjung Selor memiliki luas 14.000 hektare (ha) dengan pembangunan akan difokuskan pada 550 hektare sebagai pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara dan 2.000 ha akan dibangun fasilitas pendukungnya. Sisa lahan nantinya untuk perkembangan perekonomian dan ruang publik.

Adapun Rencana Aksi Pelaksanaan Inpres No 9/2018 mencakup perencanaan, koordinasi dan sinkronisasi dokumen perencanaan, target pelaksanaan kegiatan, percepatan perizinan, hingga skema pendanaan.(EK)