NTT Sesalkan Kasus Jual Beli Komodo Sampai Ke Luar Negeri

NTT Sesalkan Kasus Jual Beli Komodo Sampai Ke Luar Negeri

20
0

Kupang, SKFM-News– Kepala Dinas Pariwisata NTT I Wayan Darmawan mengatakan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sesalkan kasus jual beli Komodo (Veranus Komodoensis),┬ádengan harga per ekor Rp.500 juta yang berhasil dibongkar oleh Polda Jawa Timur saat akan dikirim ke luar negeri.

Dalam konferensi pers yang dilakukan oleh Polda Jatim, para tersangka mengaku sudah melakukan aksi jual beli itu selama tahun 2016-2019 dengan jumlah Komodo yang dijual mencapai 41 ekor.

Wayan menambahkan, dirinya telah berkoordinasi dengan Dirjen Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait kasus tersebut.

Sebelumnya Gubernur NTT Viktor B Laiskodat sendiri sudah menyatakan bahwa Komodo adalah salah satu aset penting NTT dan Indonesia karena menjadi masa depan pariwisata sebagai “prime mover” ekonomi NTT dan menjadi destinasi utama Indonesia.

Gubernur Laiskodat marah besar terhadap aksi penjualan Komodo tersebut setelah mendengar laporan dari konferensi pers yang digelar Polda Jawa Timur serta media online lainnya.(EK)

Sumber: Antara.com