Notaris di NTT Bisa Urus Akta dan Bagi Sembako

Notaris di NTT Bisa Urus Akta dan Bagi Sembako

92
0

KUPANG-Suarakupangfm.com- TERNYATA hingga saat ini masih ada orang yang belum tahu dan paham tentang profesi Notaris.

Ada yang menganggap Notaris itu adalah orang yang pekerjaannya mengukur tanah, mengurus perkara di pengadilan bahkan ada yang mengira Notaris itu adalah orang yang tugasnya mengukur tanah.

Sebagaimana disampaikan sejumlah warga eks Timtim di Kompleks Benih Induk (BII) Desa Noelbaki, Kabupaten Kupang, saat dikunjungi oleh puluhan anggota INI NTT dibawah pimpinan Ketua INI NTT 2016-2019, Emanuel Mali, SH,M.Kn beberapa waktu lalu.

Sejumlah Notaris yang ikut serta dalam kegiatan itu diantaranya, Jefri Jonathan Ndun, Sance Thomas Owa, Albert Sihite, Paulina Rohi Mone, Kristina Lomi, Jeti Karlina, Marselin Medah, Sharlin Darmawan, Abi Manyu, Mika Yani Putri, Desi Uly, Willem Lobo, Dewi Puspa, Marthin Lay, Erik Sabuna, Kartina Noto Prawiro, Lusia Liliweri, Lilis Puspita, Elia Ishak, Givenpian, Yustina Widi Nguryani, Boby Pah dan Widianti Sari.

Para warga eks Timtim itu belum tahu tugas dan peran Notaris maka dalam kesempatan itu Emanuel memberikan penjelasan tentang notaris.

“Bapak mama, kakak adik semua, Notaris itu adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjain dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundungan dan atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan untuk dinyatakan dalam akta otentik,” kata Emanuel yang sudah menjawab sebagai ketua INI NTT dua periode ini.

Ditambahkan Emanuel, bahwa Notaris juga menjamin kepastian tanggal pembuatan akta, menyimpan akta, memberikan grosee, salinan dan kutipan akta, sepanjang pembuatan akta itu tidak juga ditugaskan atau dikecualikan kepada pejabat lain atau roang lain yang ditetapkan oleh UU.

“Notaris bisa bikin berbagai akta misalnya akta pendirian badan usaha, akta perjanjian kawin, akta kuasa memasang hipotek, akta tanah, akta sewa menyewa tanah, akta hutang piutang, akta kerjsama, akta warisan, akta fidusia, melegalisir surat dan sebagainya,” kata Emanuel.

Setelah mendapat penjelasan seperti itu, ratusan warga eks timtim itu manggut manggut dan mengaku sudah mengerti. Usai memberikan penjelasan tentang Notaris, Emanuel kemudian mengatakan, bahwa para notaris yang ada di NTT itu tergabung dalam sebuah komunitas bernama Ikatan Notaris Indonesia (INI) Wilayah NTT.(AB)
(Sumber Berita Pos Kupang.com)