Mitos Pohon di Kuburan dapat Meringankan Siksa Kubur

Mitos Pohon di Kuburan dapat Meringankan Siksa Kubur

281
0

Jakarta-SKFM-Mitos┬áPohon di kuburan dapat meringankan siksa kubur, karena dikisahkan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, Rasulullah SAW melewati dua buah kuburan. Lalu beliau bersabda “Sungguh kedua penghuni kubur itu sedang disiksa. Mereka disiksa bukan karena perkara besar (dalam pandangan keduanya). Salah satu dari dua orang ini, (semasa hidupnya) tidak menjaga diri dari hadas kecil. Sedangkan yang satunya lagi, dia keliling menebar namiimah (mengadu domba)”.

Kemudian, Rasulullah mengambil pelepah kurma basah. Lalu, beliau membelahnya menjadi dua, lalu beliau menancapkan di atas kubur satu potong. Para sahabat bertanya, “Wahai, Rasulullah, Kenapa Anda menancapkan pelepah tersebut?” Rasulullah SAW menjawab : “Semoga keduanya diringankan siksaannya, selama kedua pelepah ini belum kering.” (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, dan Muslim).

Sebagian orang masih bingung menterjemahkan hadis ini, mereka mengatakan bahwa dianjurkan menanam pohon kurma, atau pepohonan yang lain di atas kuburan. Mereka mengatakan bahwa penyebab diringankan adzab kedua penghuni kubur itu ialah, karena kedua pelepah yang masih basah itu senantiasa bertasbih kepada Allah SWT.(Vivanews.com/AB)