Merasa Tidak Bersalah, Pangeran Alwaleed Yakin Akan Dibebaskan

Merasa Tidak Bersalah, Pangeran Alwaleed Yakin Akan Dibebaskan

52
0

RIYADH – Suarakupangfm.com- Milyuner Arab Saudi Pangeran Alwaleed bin Talal berharap akan dibebaskan dari segala tuduhan dan dibebaskan dari tahanan dalam beberapa hari ke depan. Alwaleed adalah satu dari sekian banyak pangeran dan miliarder Arab yang ditahan dalam operasi anti korupsi yang dilakukan oleh pihak kerajaan.

Pangeran Alwaleed mengatakan bahwa ia terus mempertahankan pendapatnya jika ia tidak bersalah saat diperiksa oleh pihak berwenang. Ia berharap untuk tetap memegang kendali penuh atas firma investasi globalnya, Kingdom Holding Co, tanpa diminta menyerahkan aset kepada pemerintah.

“Tidak ada tuduhan. Hanya ada beberapa diskusi antara saya dan pemerintah,” katanya dalam wawancara dengan Reuters, Sabtu (27/1/2018)) yang dilakukan sesaat setelah tengah malam.

“Saya yakin kita hampir menyelesaikan semuanya dalam beberapa hari,” sambungnya.

Pembebasan Pangeran Alwaleed, yang kekayaan bersihnya diperkirakan oleh majalah Forbes mencapai USD 17 miliar, dapat meyakinkan investor di kerajaan bisnisnya. Langsung atau tidak langsung melalui Kingdom Holding, dia memegang saham di perusahaan seperti Twitter Inc (TWTR.N) dan Citigroup Inc (C.N), dan telah berinvestasi di hotel-hotel terkemuka termasuk George V di Paris dan Plaza di New York.

Puluhan pangeran, pejabat senior dan pengusaha papan atas ditahan saat Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan pembersihan pada awal November.

Tuduhan terhadap Pangeran Alwaleed, yang berusia awal 60an, termasuk pencucian uang, penyuapan dan pemerasan, kata seorang pejabat Saudi kepada Reuters pada saat itu.

Pangeran Alwaleed mengatakan kasusnya memakan waktu lebih lama untuk diputuskan karena dia bertekad untuk membersihkan namanya sepenuhnya. Namun dia yakin jika kasus tersebut sekarang sudah 95 persen selesai.

“Ada kesalahpahaman, dan sudah dibersihkan. Jadi saya ingin tinggal di sini sampai semuanya selesai dan bangun dan hidup terus berlanjut,” ucapnya.

Setelah dibebaskan, Alwaleed berencana untuk terus tinggal di Arab Saudi(AB)
(Sumber Berita Sindonews.com).