Layakkah Jeff Bezos Disebut Terkaya Sepanjang Sejarah?

Layakkah Jeff Bezos Disebut Terkaya Sepanjang Sejarah?

10
0

Jakarta -Suarakupangfm.com- Dalam beberapa bulan ke belakang, Jeff Bezos nyaman duduk di singgasana teratas daftar orang terkaya di dunia.

Tak hanya itu, ia juga berhasil menyamai, bahkan melampaui pencapaian Bill Gates yang berhasil mencatatkan kekayaan USD 100 miliar pada 1999 lalu.

Banyak yang menyebut Jeff Bezos merupakan orang paling kaya sepanjang sejarah, dengan kekayaannya kini sudah mencapai USD 106 miliar (Rp 1.416 triliun).

Di satu sisi, hal tersebut benar karena memang dia menjadi satu-satunya yang tercatat berhasil memiliki kekayaan pada angka tersebut.

Sayangnya, ada satu faktor yang menghalanginya untuk mendapat predikat terkaya sepanjang sejarah, yaitu inflasi. Hal ini menjadi penting karena jika faktor inflasi dipertimbangkan, bahkan predikat orang terkaya di Amerika Serikat yang pernah hidup pun gagal direngkuhnya.

Jeff Bezos pun masih kalah oleh nama-nama seperti Andrew Carniege, John D. Rockefeller, dan Henry Ford.

Pada 2015 lalu, majalah Money sempat menyebut bahwa harta kekayaan Andrew Carniege setelah ia menjual perusahaan bajanya ke JP Morgan ditaksir tidak kurang dari USD 370 miliar jika disesuaikan dengan kondisi inflasi setahun sebelum tulisan tersebut dimuat.

Sedangkan predikat orang terkaya sepanjang sejarah menurut majalah Money jatuh ke tangan Mansa Musa, Raja Timbuktu, yang hidup pada 1280-1337.

Bahkan, kekayaan dari pemimpin produksi emas terbesar di dunia pada masanya ini tidak dapat diukur karena sangat minimnya bukti yang merujuk ke data tersebut.

Selain itu, Bos Amazon ini pun masih dipertanyakan statusnya jika persoalan mengarah pada siapa manusia paling kaya yang masih hidup sekarang.

Hal ini disebabkan tidak adanya data yang konkret untuk mengukur kekayaan beberapa tokoh dunia seperti anggota keluarga kerajaan Arab Saudi, hingga Vladimir Putin.

Beberapa rumor bahkan mengatakan bahwa Presiden Rusia tersebut memiliki jumlah kekayaan yang melebihi Jeff Bezos, sebagaimana detikINET lansir dari The Guardian pada Sabtu (13/1/2018).

Menariknya, capaian USD 100 miliar Bill Gates 19 tahun lalu akan menjadi USD 150 miliar (Rp 2.005 triliun) jika disetarakan dengan kondisi terkini.

Selain itu, jika pendiri Microsoft tersebut tidak hobi menyedekahkan sebagian hartanya, maka uang senilai USD 36 miliar (Rp 481 triliun) yang ia sisihkan melalui yayasan miliknya bersama sang istri, Melinda, akan membuatnya memiliki kekayaan USD 127,8 miliar (Rp 1.708 triliun).

Hal tersebut didasarkan pada kekayaannya yang kini mencapai USD 91,8 Miliar (Rp 1.227 Triliun) menurut data dari Forbes Real Time Billionaire.(AB)
(Sumber Berita Detik.com)