KPI ‘Ngotot’ Awasi Konten Netflix dan YouTube

KPI ‘Ngotot’ Awasi Konten Netflix dan YouTube

17
0

KUPANG-SKFM NEWS-Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegaskan pengawasan terhadap konten Netflix dan YouTube diperlukan. Ketua KPI Agung Suprio menyatakan hal itu disebabkan karena transisi penonton Indonesia dari media konvensional ke media baru seperti Netflix dan YouTube.

Agung menyatakan media baik yang konvensional maupun baru merupakan agen sosialisasi di masyarakat. Konten-konten media diyakini bisa mengubah karakter bangsa. Sehingga pengawasan diperlukan.

Agung menegaskan pengawasan diperlukan sebab konten Netflix dan YouTube bisa diakses kapan saja, oleh siapa saja dan di mana saja. Tak seperti konten media konvensional yang telah diatur pembagian waktunya.

Pengawasan akan dilakukan KPI mulai dari hulu hingga hilir. Di awal, KPI akan mengatur kembali Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) untuk menjadi acuan pengawasan media baru.

Setelah itu, KPI akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) agar media baru seperti Netflix, HBO TV, YouTube, Facebook TV membuka kantor di Indonesia demi kemudahan berkoordinasi.

Pengawasan diperlukan untuk melihat isu atau masalah tertentu dalam konten Netflix dan YouTube. (ML)

SUMBER:CNNINDONESIA.COM