Kementerian Pertanian meluncurkan program Nasional UPSUS SIWAB

Kementerian Pertanian meluncurkan program Nasional UPSUS SIWAB

92
0

Kupang-Suarakupangfm.com- Kementerian Pertanian meluncurkan program Nasional yang dinamakan Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting UPSUS SIWAB.
Hal ini penting dalam rangka mengakselerasi percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri.
UPSUS SIWAB adalah Gerakan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan populasi ternak ruminansia besar, dalam mewujudkan kemandirian pangan asal hewan.
Selain itu,untuk meningkatkan kesejahteraan peternak dengan mengoptimalkan potensi sapi indukan, untuk menghasilkan pedet/ dan meningkatkan populasi baik melalui inseminasi buatan/ maupun intensifikasi kawin alam.
Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man pada acara pengresmian Gebyar UPSUS SIWAB mengatakan, Pemerintah Kota Kupang terus mendorong setiap usaha masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraannya.
Kota Kupang merupakan salah satu dari Kabupaten/Kota, yang mendapatkan program Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting UPSUS SIWAB.
Kota Kupang ditargetkan 900 ekor untuk kawin inseminasi buatan dan kawin alam dengan tingkat kebuntingan 57% atau sebanyak 513 ekor.
Untuk menjamin aset ternak yang dimiliki kelompok maka telah terjalin kerjasama, dengan Asuransi Jasindo.Sistem asuransi ternak ini di NTT baru diterapkan oleh dua Kabupaten/Kota, yaitu Kabupaten TTS dan Kota Kupang.
Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man meminta, komitmen dan dukungan dari seluruh stakeholder dalam mewujudkan Kota Kupang di sektor peternakan khususnya sapi potong.(AB)