Jokowi Minta Jangan Takut AI: Mesin Punya Chip, Manusia Punya Hati

Written by on 18 September 2023

Suara Kupang – Di saat semua negara diklaim takut, Presiden Joko Widodo meminta tidak perlu khawatir dengan mesin cerdas alias kecerdasan buatan (AI), Kawan.

“Jangan takut dengan mesin cerdas, dengan AI, karena kemarin waktu di G20 waktu di ASEAN Summit, semuanya berbicara mengenai AI. Takut sekali semua negara mengenai AI,” ungkap dia, saat berpidato di acara Dies Natalis Institut Pertanian Bogor (IPB), Jumat (15/9).

Jokowi menceritakan kekhawatiran terhadap AI itu berkenaan dengan masih absennya aturan main mengenai teknologi itu. Di sisi lain, pengembangan AI terus berakselerasi. Dia menilai AI tak akan mengalahkan manusia karena “mesin cuma punya chip, tapi manusia punya hati, punya rasa,” katanya. Mantan Wali Kota Solo ini pun berharap IPB bisa menghasilkan insan unggul yang kompeten di bidang akademik maupun non-akademik.

AI menjadi arus utama terutama sejak perilisan ChatGPT oleh OpenAI pada 2022. Sejauh ini, berbagai perusahaan teknologi mengekor dalam tren AI untuk memperkuat layanannya. Termasuk, raksasa AS Google lewat Bard.

Source : CNN Indonesia


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track

Title

Artist

Background
Open chat
Powered by