Jokowi Bertemu PM Pakistan untuk Bahas Perdagangan

Jokowi Bertemu PM Pakistan untuk Bahas Perdagangan

73
0

Jakarta -Suarakupangfm.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berada di Pakistan dalam rangka kunjungan kenegaraan. Agenda Jokowi adalah bertemu PM Pakistan Shahid Khaqan Abbasi.

“Saat tiba di Prime Minister’s House, Presiden Jokowi dan PM Abbasi langsung menuju Dais Kehormatan,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/1/2018).

Jokowi disambut secara kenegaraan oleh PM Pakistan. Dia dan Abbasi kemudian melakukan pertemuan tete-a-tete atau empat mata.

“Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bilateral, penandatanganan nota kesepahaman di bidang energi dan perdagangan, diakhiri dengan jamuan santap siang bersama PM Abbasi,” ujar Bey.

Diwawancara terpisah, Menlu Retno Marsudi mengatakan perdagangan RI ke Pakistan mengalami surplus. Maka itu, hubungan perdagangan akan diperkokoh.

“Jadi total perdagangan kita dari Januari-Oktober 2017 itu sekitar USD 2,13 miliar dan Indonesia mengalami surplus USD 1,8 miliar,” papar Retno.

Pakistan memiliki jumlah penduduk terbesar kelima di dunia. Penduduknya pada 2016 mencapai 201 juta jiwa.

“Kemudian dari segi pertumbuhan ekonomi cukup baik sekitar 4,7% per tahun 2016. Oleh karena itu, kita ingin membuka lebih lebar lagi,” tutur Retno.(AB)
(Sumber Berita Detik.com)