Ekononi NTT Tahun 2018 Tunbuh sebesar 5,13 Persen

Ekononi NTT Tahun 2018 Tunbuh sebesar 5,13 Persen

68
0

Kupang-Secara makro, pertunbuhan ekonomi NTT Tahun 2018 sebesar 5,13 persen,masih berada sedikit di bawah nasional sebesar 5,17 persen.Pada triwulan II 2019 pertumbuhan ekonomi NTT sebesar 6,36 persen, berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,04 persen.Sedangkan inflasi di provinsi NTT pada tahun 2018 mencapai 3,07 persen, dan masih berada dalam rentang target inflasi nasional.
Hal ini disampaikan gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pada pidato radio dalam rangka HUT RI Ke 74 tahun 2019 di Aula Fernandes Kantor Gubernur NTT pagi tadi.
Salah satu upaya menekan laju inflasi di NTT adalah dengan mewujudkan kemandirian ekonomi lokal,melalui peningkatan kualitas dan kuantitas serta optimalisasi pemanfaatan prodak lokal NTT,sebagaimana yang telah dideklarasikan pada bulan Juni 2019 oleh pemerintah NTT bersama pemerintah kabupaten/kota dan pelaku ekonomi Se-NTT.
Menurut Gubernur,melalui masyarakat ekonomi NTT ini,pemerintah NTT dan pemerintah kabupaten/kota sementsra menata pengelolaan potensi daerah,dengan melibatkan peran koperasi,Bumdes,Bank NTT, serta perusahaan daerah seperti PT Flobamor dan PT Jamkrida.
Laiskodat menegaskan, pemerintah pelaku ekonomi dan masyarakat NTT harus menjadi tuannya perekonomian NTT dengan menciptakan ketahanan ekonomi NTT melalui pemanfaatan prodak lokal NTT dan proteksi terhadap prodak lokal NTT.(AB)