E-Arsip Tersimpan 16.000 File Data Pegawai Pemprov NTT

E-Arsip Tersimpan 16.000 File Data Pegawai Pemprov NTT

78
0

Kupang-Suarakupangfm.com- Mulai pertengan tahun 2018, semua Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintah provinsi (Pemprov ) NTT, akan dipermudah dengan pelayanan sistem kearsipan terpusat pada Depot Arsip. Sebanyak 16.000 file data kepegawaian ASN termasuk data aset daerah segera ditata secara modern melalui aplikasi online Electronic Arsip (E-Arsip) pada Dinas Kearsipan provinsi NTT.
Sistem informasi dinamis maupun statis akan terkonsenterai di Dinas Kearsipan NTT dan sekaligus menjadi simpul jaringan informasi kearsipan secara nasional di NTT.
Arsip-arsip penting daerah yang terdapat di 49 perangkat daerah lingkup pemprov NTT, terdokumentasi secara online di Depot Arsip milik Dinas Kearsipan NTT.
Sekretaris Daerah (Sekda) NTT, Ir. Benediktus Polo Maing, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/1) pagi, mengapresiasi kerja keras pimpinan dan staf Dinas Kearsipan NTT dalam mengumpul, menyusun dan menata kearsipan daerah yang terkoneksi melalui sistem jaringan aplikasi online.
Dengan begitu, kata Sekda Polo Maing, sistem kearsipan di NTT dari hari ke hari semakin lebih baik dan tercipta satu sistem kearsipan yang efisien dan afektif.
Dia menjelaskan, sejak tahun 2017, Dinas Kearsipan NTT telah melakukan kerjasama dengan 49 perangkat daerah untuk melakukan pentataan arsip secara baik dengan menyebarkan sebayak 8.080 box arsip. Kemudian dengan jumlah ribuan box arsip itu akan dimasukan dalam database di Depot Arsip NTT, di jalan perintis kemerdekaan, Oebufu, Kupang.
Tetapi hanya klik di webside Depot Arsip dan terkoneksi dengan BKD,” ujarnya.
Sekda Benediktus Polo Maing, berharap jangan terjadi seorang guru SMA atau SMK di Flores yang ingin mengurus kenaikan pangkat harus datang ke BKD NTT.
Kejadian ini sangat membuang waktu, tenaga dan biaya. Sehingga pemprov NTT melalui Dinas Kearsipan, ingin menciptakan satu pola kerja yang efisien dan efektif dalam menata arsip.AB)