Dinas Kearsipan NTT segera menerapkan Elektronik Arsip E-Arsip

Dinas Kearsipan NTT segera menerapkan Elektronik Arsip E-Arsip

19
0

Kupang-Suarakupangfm.com- Kepala Dinas Kearsipan Provinsi NTT Lambertus Ibi Riti menjelaskan,pilot proyek Dinas Kearsipan NTT yaitu penerapan Elektronik Arsip E-Arsip pada Depot Arsip. Menurut Ibi Riti E-Arsip akan didukung oleh tenaga arsiparis sebanyak 250 orang, sesuai standar yang dibutuhkan setiap provinsi.
Tenaga arsiparis yang ada saat ini berjumlah 71 orang. 169 orang calon arsiparis sedang dalam proses pengusulan ke Arsip Nasional Republik Indonesia ANRI.
Ibi Riti menambahkan, semua arsip dinamis aktif dan in aktif yang terdapat di 49 perangkat daerah akan ditarik ke Depot Arsip menjadi arsip statis.
Pada tahap pertama, tambah Ibi Riti, segera menarik arsip pada BKD dan Badan PPKAD NTT masuk dalam aplikasi sistem kearsipan daerah. “Penataan dan pengelolaan arsip menjadi penting sebagai simpul jaringan informasi kearsipan nasional,” katanya.
Untuk diketahui, Tahun 2019, akan dibangun Gedung Lantai Lima Depot Arsip di NTT. Hal ini telah dirancang dan disetujui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Kementerian Keuangan RI dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembangunan Daerah – Kementerian Dalam Negeri, untuk pelaksanaan pembangunan gedung Depot Arsip NTT berlantai lima, di jalan Perintis Kemerdekaan, Oebufu, Kupang.(AB)