Cantik, Pulau Ini Terbuat dari Cangkang-Cangkang Siput Ratusan Tahun

Cantik, Pulau Ini Terbuat dari Cangkang-Cangkang Siput Ratusan Tahun

98
0

Kupang, SKFM-News– Pulau Keong secara teknis bukan pulau yang terbentuk secara lami. Melainkan timbunan cangkang rumah keong yang dibuang nelayan di tempat sama lebih dari ratusan tahun. Timbunan itu pun menyerupai bukit. Terletak tepat disebelah Timur Anegada, pulau terbesar kedua di Kepulauan Virgin Britania Raya, di Karibia, Pulau Keong merupakan daya tarik wisata yang memukau.

Selama berabad-abad, para nelayan lokal telah menyelam di perairan dangkal di sisi Anegada ini untuk mencari siput laut yang dapat dimakan ini. Kemudian banyak dari mereka telah melemparkan limbah kerang-kerang di tempat yang sama. Bukit kerang yang merupakan Pulau Conch ini adalah hasil dari ketekunan para nelayan.

Keong dipanen untuk diambil dagingnya, yang merupakan makanan pokok masyarakan di Karibia. Kerang yang mereka temukan sangat menakjubkan, bisa dijual sebagai kenang-kenangan dan perhiasan. Ini yang kemudian pertanyaan besar mengapa penjual cinderamata lokal tidak menggunakan cangkang tersebut untuk dijadikan cendramata dan menghasilkan uang.(EK)