BI Provinsi NTT Launching NTT Peduli dan Sadar Rupiah

BI Provinsi NTT Launching NTT Peduli dan Sadar Rupiah

34
0

Kupang-SKFM- News–Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT hari ini 30 Oktober 2019, telah meluncurkan salah satu program dengan Tag Line NTT Peduli dan Sadar Rupiah ( NTT Padar).

Dalam sambutan Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT I Nyoman Ariawan Atmaja menyatakan, upaya memastikan mata uang beredar di seluruh wilayah NKRI, sama saja dengan memastikan Negara hadir hingga penjuru-penjuru negeri, termasuk kantor Perwakilan BI provinsi NTTĀ  yang memiliki cakupan wilayah sangat luas dengan geografis sebagai provinsi kepulauan meliputi 22 kabupaten/Kota.

Selain itu, hasil survey independent menunjukan bahwa nilai kualitas uang beredarĀ  di provinsi NTT kususnya uang pecahan kecil masih di bawah standar. Hal ini menunjukan masih rendahnya pemahaman masyarakat bagaimana cara memperlakukan uang degan baik.

Berdasarkan beberapa kondisi tersebut, diperlukan upaya yang lebih serius oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Program dengan Tag Line NTT Peduli dan Sadar Rupiah (NTT Padar) adalah upaya yang dilakukan utnuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan bagaimana cara memperlakukan uang dengan baik serta kepedulian masyarakat untuk menggunaan uang layak edar dalam bertransaksi serta penggunaan uang logam transaksi ekonomi.

NTT Padar merupakan program yang meliputi antara lain, uang lusuh yang ada di masyarakat agar segera dilakukan ke bank umum terdekat sehingga masyarakat dapat lebih nyaman bertransaksi menggunakan uang layak edar.

Selanjutnya apabila terdapat uang rusak, karena robek terbakar atau dimakan rayap masyarakat dapat menukarkan di Bank Indonesia.Sedangkan uang logam yang sebelumnya tidak digunakan untuk transaksi, agar segera digunakan sebagai alat pembayaran yang sah baik sebagai penjual maupun sebagai pembeli sehingga permen tidak dijadikan sebagai alat kembalian dalam bertransaksi.

Sementara itu Wakil Kepala OJK Provinsi NTT I Wayan Sadnyana menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT atas peluncuran Program NTT Padar hari ini, dengan harapan sinergi antara OJK,BI dan Kementrian Keuangan dapat terus terjalin dan memberikan manfaat bagi provinsi NTT.

Acara peluncuran program NTT Padar tersebut merupakan rangkaian kegiatan memperingati hari Oeang ke 73 bagi seluruh jajaran pejabat dan pegawai Kementrian Keuangan Provinsi NTT.(AB)