Bertemu Menlu Thailand, Jokowi Bahas Penurunan Harga Karet

Bertemu Menlu Thailand, Jokowi Bahas Penurunan Harga Karet

68
0

Kupang, SKFM-News– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Kehormatan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Istana Merdeka, Jakarta Rabu kemarin. Ada beberapa hal yang dibahas, salah satunya isu harga karet yang menunjukkan tren penurunan dalam waktu dua tahun terakhir.

Thailand, Indonesia, dan Malaysia merupakan produsen karet terbesar di dunia. Dengan semakin menurunnya harga karet dunia, Presiden Jokowi menyampaikan tak ada pilihan lain bagi ketiga negara ini untuk memperkuat kerja sama demi menghentikan laju penurunan harga.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (13/3)  menjelaskan dalam pertemuan tersebut, Don Pramudwinai menyampaikan komitmen negaranya untuk mencegah harga karet dunia semakin anjlok. Apalagi, hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand sudah berlangsung lama, bakal berusia 70 tahun pada depan. Sebelumnya, Indonesia, Malaysia, dan Thailand telah sepakat membatasi ekspor 200 ribu ton hingga 300 ribu ton karet melalui Agreed Export Tonnage Scheme (AETS).

Kebijakan itu diputuskan berdasarkan Pertemuan Menteri International Triparte Rubber Council (ITRC) sebagai cara untuk mengerek harga karet di pasar dunia. Pertemuan di Bangkok, Thailand, pada 22 Februari 2019 ini dipimpin oleh Menteri Pertanian dan Kerja Sama Thailand Grisada Boonrach. (EK)