Anggaran Pemerintah Disusun Berdasarkan Capaian Kinerja

Anggaran Pemerintah Disusun Berdasarkan Capaian Kinerja

24
0

Kupang-SKFM-News– Kepala Badan Keuangan Daerah NTT, Sakarias Moruk mengungkapkan,Penyusunan anggaran pemerintah dilakukan berdasarkan prestasi kerja dan berdasarkan pencapaian kinerja, indikator kinerja, analisis standar belanja, standar satuan harga, dan standar pelayanan minimal.

Moruk mengatakan, manfaat dari penyusunan Analisis Standar Belanja (ABS) diantaranya yaitu Penetapan plafon anggaran akan terukur dengan baik, dapat menentukan kewajaran biaya untuk melaksanakan suatu kegiatan, meminimalisir terjadinya pengeluaran yang kurang jelas yang menyebabkan inefisiensi anggaran, penentuan anggaran berdasarkan tolak ukur yang jelas, serta penentuan besaran alokasi setiap kegiatan menjadi lebih objektif.

“Dalam rangka penyusunan APBD tahun 2020 tingkat provinsi NTT ini juga kami akan melakukan karantina bagi seluruh sekretaris, kabag tata usaha, kasubag PDE dan kasubag keuangan untuk menyusun APBD 2020 pada minggu ketiga bulan september,” jelas Moruk.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Tim Ahli Penyusun ASB Provinsi NTT, para Sekretaris Daerah kabupaten/kota se NTT, pimpinan OPD, tamu undangan dan insan pers.

Sementara itu,  tim ahli ASB dari Universitas Gadjah Mada yang dipimpin Prof. Abdul Salim, pengelolaan fan penyusunan anggaran pemerintah memang harus transparan sehingga tidak menimbulkan kesan ada yang disembunyikan.(AB)