42 desa di NTT gunakan PLTS mulai tahun ini

42 desa di NTT gunakan PLTS mulai tahun ini

32
0

Kupang-SKFM-News– PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Provinsi Nusa Tenggara Timur menargetkan 42 desa di provinsi NTT akan mendapat penerangan listrik dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dalam tahun ini.

Karena itu General Manager PT PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko mengatakan, pihaknya akan membangun enam unit PLTS yang menyebar di sejumlah kabupaten di antaranya, Sikka, Ende dan Manggarai Timur di Pulau Flores, Kabupaten Alor di Pulau Alor, serta Sumba Timur dan Sumba Barat di Pulau Sumba.

Selain itu akan dibangun PLTS dengan pinjaman dana dari luar negeri untuk 19 desa yang menyebar di Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ende Sikka, Alor, Sumba Timur dan Timor Tengah Selatan.

Sebelumnya, Ignatius menjelaskan hingga akhir 2019, PLN NTT telah memiliki sejumlah PLTS dengan kapasitas mencapai sekitar 14 mega watt. Pihaknya menargetkan hingga 2028 meningkat hingga 26,4 persen.

Sejumlah PLTS yang telah dibangun dan beroperasi pada 2019 di antaranya di Desa Pasir Putih, Desa Seraya Marannu dan Desa Batu Tiga di Kabupaten Manggarai Barat, Desa Nuca Molas di Kabupaten Manggarai, Desa Usulanu di Kabupaten Rote Ndao, serta Desa Koja Doi di Kabupaten Sikka.

Ignatius memastikan akan terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) dengan melistriki daerah-daerah yang sulit dijangkau jaringan PLN yang existing menggunakan pembangkit energi baru terbarukan (EBT).

Peningkatan RE merupakan tugas penting yang harus diwujudkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi maupun perkembangan sektor lainnya di berbagai wilayah pelosok.(EK)

Sumber : antaranews.com