10 Fakta Unik Piala Oscar Sejak Pertama Digelar 1929

10 Fakta Unik Piala Oscar Sejak Pertama Digelar 1929

62
0

Kupang, SKFM-News– Ajang penghargaan Academy Awards atau Oscar yang digelar sejak 1929 berkembang menjadi salah satu penghargaan film paling bergengsi. Film terbaik serta aktor dan aktris terbaik berkumpul dalam satu tempat untuk memperebutkan penghargaan di bidang perfilman.

Berbagai kejadian yang unik atau yang bermasalah pernah melanda acara yang diselenggarakan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) ini. Seperti tahun ini, saat Kevin Hart batal menjadi pemandu acara, sehingga Oscar 2019 digelar tanpa pemandu acara.

Melansir US Magazine, terdapat 10 fakta menarik yang pernah terjadi di Oscar.

Tempat Kencan Murah
Oscar pertama kali digelar di Hollywood Roosevelt Hotel pada 1929. Tiket acara ini hanya dijual seharga US$5, atau Rp70 ribu dengan kurs saat ini. Itu sekaligus menjadi lokasi bertemu para selebriti, bahkan bisa berkencan.

Dilanda Banjir
Penyelenggaraan Oscar 1938 terpaksa ditunda satu minggu karena banjir di Los Angeles.

Penundaan
Penyelenggaraan Oscar 1968 ditunda selama dua hari sebagai bentuk penghormatan terhadap kasus pembunuhan Martin Luther King Jr.

Film X-Rated
Midnight Cowboy sejauh ini menjadi satu-satunya film dengan X-rated yang memenangi penghargaan film terbaik pada Oscar 1969.

Disiarkan ABC
ABC menjadi televisi yang menyiarkan Oscar sejak 1976 sampai saat ini. Sebelumnya, Oscar sudah mengudara di televisi sejak 1953.

Menang karena Kalah
Aktris Maggie Smith mendapat penghargaan Oscar lewat perannya sebagai aktris yang kalah di Oscar dalam film California Suite pada 1978.

Nominasi Best Animated Feature
Nominasi Animasi Terbaik baru ada pada 2001, dengan Shrek sebagai pembawa pulang piala.

Penyelenggaraan Terlama dan Tersingkat
Oscar 2002 menjadi penyelenggaraan terpanjang dengan aktris Whoopi Goldberg yang memandu acara selama empat jam 23 menit. Sementara Oscar 1959 menjadi yang tersingkat dengan penyelenggaraan selama satu jam 40 menit.

Kehilangan Pemandu Acara
AKtor Eddie Murphy batal menjadi pemandu acara Oscar 2011 satu hari setelah temannya, Brett Ratner, dipecat dari Oscar atas tuduhan kasus homofobia. Tahun ini, Hart juga batal menjadi pemandu acara, pun karena cuitan ‘homofobia.’

Berat Piala
Piala Oscar yang berbentuk tubuh manusia dilapisi emas 24 karat dengan berat 3,8 kilogram.(EK)